BIREUEN – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Almuslim Peusangan, Bireuen resmi menjadi Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh. Kepastian itu diperoleh seiring keluarnya surat keputusan (SK) peningkatan status dan perubahan nama sekolah tinggi tersebut dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. SK dengan Nomor 1216 Tahun 2014 itu diteken oleh Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag, Nur Syam, Jumat (7/3).

Rektor IAI Almuslim Aceh, Dr Saifullah SAg MPd kepada Serambi, Minggu (9/3) mengatakan, dengan peningkatan status dan perubahan nama itu, IAI Almuslim kini menjadi satu-satunya institut di Aceh setelah IAIN Ar Raniry berubah nama menjadi UIN Ar Raniry beberapa waktu lalau. “SK peningkatan status STAI Almuslim menjadi IAI itu diserahkan Pak Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag kepada saya di Aula Kemenag RI pada tanggal 7 Maret 2014,” ungkapnya.

Dengan perubahan status itu, ia berharap IAI Almuslim Aceh dapat menjadi kampus yang terus berkembang di masa mendatang, sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan di Aceh dan dapat meningkatkan peran serta perguruan tinggi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Insya Allah pada tahun 2022 nanti, IAI Almuslim akan dapat bersanding dengan perguruan tinggi lain, baik tingkat nasional maupun internasional. Karena, saat ini kita sedang melakukan berbagai persiapan, seperti pembenahan prasarana dan sarana, peningkatan kemampuan mahasiswa, meningkatkan keahlian bahasa Inggris dan bahasa Arab serta pendidikan lanjutan program doktor untuk dosen,” harap Saifullah didampingi Ketua Podi Perbankan Syariah, Anwar Ebtadi MA.

Sekarang, sebutnya, IAI Almuslim memiliki empat fakultas dengan lima program studi. “Tahun ini kita berencana menambah Prodi Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA). Semuanya jenjang strata satu (S1),” pungkasnya.(yus)

Sumber : Serambi Indonesia

About

Biro IAI Almuslim Aceh

1 Comments

  1. Tuan WordPress

    Halo, ini adalah sebuah komentar.
    Untuk menghapus sebuah komentar, cukup log masuk dan lihat komentar pada tulisan. Di sana ada pilihan untuk menyunting atau menghapus mereka.

Comments are closed.