PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAI ALMUSLIM ACEH MEMPERINGATI HARI BAHASA ARAB DUNIA.

Program studi pendidikan bahas arab IAI Almuslim Aceh mengadakan sejumlah kegiatan daalm rangka memperingati hari ulang tahun bahasa Arab dunia dengan mengusung tema Semarak Hari Bahasa Arab Dunia “Uhibbul Arabiyah/Aku Cinta Bahasa Arab”. Acara tersebut  diisi dengan sejumlah  kegiatan, seperti seminar (an-nadwah), al-ghina al arabiy dan pentas syair.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi informasi kepada seluruh civitas akademika IAI almuslim aceh dan masyarakat luas tentang hari ulang tahun bahasa arab, selain itu juga untuk menumbuhkan cinta yang mendalam terhadap bahasa arab yang merupakan bahasa Alquran dan ummat islam. kepada para mahasiswa PBA khususnya dan seluruh mahasiswa pada umumnya agar  memiliki ghirah yang tinggi dan motivasinya yang besar dalam belajar bahasa arab. mempelajari bahasa arab harus mampu secara teori dan praktik berbahasa arab, serta memiliki kemampuan pedagogik untuk mampu mengajarkannya, demikian disampaikan oleh Rektor IAI Almuslim Aceh dalam sambutannya saat membuka acara kegiatan tersebut yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Muhammad Yusuf, MS. untuk kegiatan seminar itu sendiri menghadirkan pemateri alumni Cairo-Mesir, Moroko dan Tunisia yaitu Dr. H. Ahmad Fauzan, Lc, MA (Koordinator Bahasa Arab Umulqura Indonesia), demikian disampaikan oleh ketua panitia M. Yazid Rizqullah. Disamping itu juga acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi, sejumlah Dosen, staf dan unsur Dewan Mahasiswa IAI Almuslim Aceh. 

Dalam seminar   tersebut, Dr. Ahmad Fauzan menitik beratkan tentang pentingnya belajar bahasa Arab dengan menggunakan cara-cara yang up to date seperti menonton film arab, kartun-kartun lewat youtube, dan mengikuti qanatah/chanel berita arab seperti qanatah al-jazair dan lain sebagainya, beliau menambahkan agar harus banyak mendengar native speaker dalam belajar bahasa arab biar selalu mendapatkan hal-hal baru baik mufradat, uslub dan lain sebagainya dalam belajar. berbicara bahasa arab adalah kemampuan seseorang untuk mampu berinteraksi dengan native speaker.  pemateri juga mempertontonkan sejumlah cuplikan film ar-risalah tentang keterbaruannya penggunaan uslub dalam berbicara bahasa arab.  selain itu juga pemateri memberi motivasi- motivasi dalam pembelajaran bahasa arab,  agar mampu mencintainya dan jangan takut salah dalam berbicara. Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Almuslim Aceh, Dr. Nazaruddin, MA juga menyampaikan agar selalu hidup bersama bahasa arab, karena itu bahasa al-quran dan hadis nabi. kita harus bangga karena diberi kesempatan oleh Allah untuk mempelajari bahasa yang mulia ini.

Kegiatan Semarak Bahasa Arab Dunia, selain diisi dengan seminar juga dimeriahkan dengan menghadirkan penampilan-penampilan Khitobah, al-ghina dan syair dari sannggar seni IAI Almuslim Aceh Cabang Bahasa Arab. mereka sangat bersemangat dalam penampilan tersebut. kegiatan ini juga terlaksana berkat  kerjasama sejumlah pihak antara HMP PBA, prodi PBA, civitas akademika IAI almuslim Aceh, Umulqura indonesia dan Lembaga Tahfidzul quran Ar-Rahman, ujar ketua panitia Yazid. harapan kita semua semoga bahasa arab semakin jaya di bumi syariat islam.